Selasa, 17 November 2009

Masjidil Haram mulai sesak


MEKKAH Okezone - Memasuki musim puncak haji yang tinggal sembilan hari lagi, suasana di Masjidil Haram mulai padat. Diperkirakan satu juta lebih jemaah, termasuk dari Indonesia, sudah berada di Kota Mekkah. Kedatangan jemaah di Kota Mekkah, khususnya Masjidil Haram, sambil menunggu puncak musim haji.

Meksi baru 78 persen jumlah jemaah asal Indonesia yang datang ke Mekkah, namun seluruh ruang ibadah di Masjidil Haram sudah dipenuhi jemaah yang ingin menunaikan ibadah salat, tawaf, sai, atau mengaji. Tampak jemaah Indonesia berkelompok saat menunaikan ibadah di Masjidil Haram bersama rombongannya.

Kalau dua pekan yang lalu jemaah yang ingin melakukan tawaf sebanyak tujuh putaran dapat ditempuh dengan 20 menit, saat ini rata-rata bisa ditempuh selama 10 menit untuk satu putaran. Itu pun kalau kebagian tempat di pelataran Kakbah. Begitu juga bagi jemaah yang ingin mencium Hajar Aswad. Diperlukan kesabaran yang tinggi dan stamina yang prima untuk dapat meraihnya.

Kepadatan juga terlihat di lantai dua dan tiga Masjidil Haram yang terisi penuh oleh jemaah yang melakukan tawaf maupun salat. Tidak ada lagi tersisa bagi jamaah yang datang terlambat ke Masjidil Haram. Karena untuk masuk ke dalam sudah dibatasi oleh petugas. Alhasil, banyak jemaah yang melaksanakan salat berjamaah di luar Masjidilharam. Bahkan, kawasan halaman depan perhotelan dan mal yang berada persis di depan pintu masuk utama King Abdul Aziz Masjidil Haram penuh sesak oleh jemaah.


Sedangkan untuk memberikan kemanan dan kenyamanan jemaah, saat ini pengawasan secara ketat mulai diberlakukan oleh petugas. Petugas disetiap pintu masuk Masjidil Haram yang rata-rata dijaga lima orang melakukan pemeriksaan barang bawaan jemaah.

"Saat ini sudah terasa sekali kepadatan di Masjidil Haram kalau ingin beribadah. Padahal belum semua jemaah khususnya dari Indonesia datang. Untuk salat saja kalau tidak datang dua jam sebelumnya jangan harap bisa mendapat di bagian dalam," ungkap Aminah, jemaah asal Sulawesi, Selasa (17/11/2009).

Menyikapi kepadatan jamaah calon haji Indonesia di Masjidil Haram, Kepala Daerah Kerja Mekkah H Subakin mengimbau jemaah agar menjaga kesehatan dan tidak melakukan aktivitas yang berlebihan.

"Kami mengimbau kepada seluruh jemaah calon haji supaya memfokuskan diri pada persiapan menghadapi Wukuf di Arafah. Jangan sampai waktu tersita untuk kegiatan dan ibadah tambahan lainnya," tandasnya. (Boy Iskandar/Koran SI/teb)

0 comments:

Posting Komentar

 

Fuaddany Zone Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template